JellyPages.com

Minggu, 21 Oktober 2012

AIDA dalam Perilaku Konsumen

A : Attention
I : Interest
D : Desine
A : Ac Dom
TEORI KEPUTUSAN PEMBELIAN 'AIDA'.
Dalam komunikasi pemasaran perlu dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dari proses komunikasi pemasaran yangakan dilakukan. Setelah menentukan khalayak sasaran dengan persepsinya, pemasar harus memutuskan responyang terjadi. Respon khalayak tersebut dapat berupa cognitive (tahap kesadaran), affective (tahap pengaruh),behavioral/conative (tahap tindakan pembelian).Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) adalah salah satu model hirarki respon yang cukup popularbagi pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran.
Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan.Dalam membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinyarespon dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka diperlukanpemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut.
Teori keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai berikut :‡ Tahap Menaruh Perhatian (Attention)‡ Tahap Ketertarikan (Interest)‡ Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )‡ Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)Teori AIDA (Tjetjep Djatnika,2007) yang mendalilkan bahwa pengambilan keputusan pembelian adalah suatuproses psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruhperhatian (Attention) terhadap barang atau jasa yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahapketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut yang jikaintensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (Desire) karena barang atau jasa yangditawarkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan-nya. Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik karenadorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambilkeputusan membeli (Action to buy) barang atau jasa yang di tawarkan.
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/11/teori-keputusan-pembelian-aida.html
Proses pengambilan keputusan terdiri dari lima tahap yaitu :
PENGENALAN MASALAH -> PENCARIAN INFORMASI -> EVALUASI ALTERNATIF -> PILIHAN ->
http://www.scribd.com/doc/52062178/TEORI-KEPUTUSAN-PEMBELIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar